Senin, 18 Maret 2019

Pengertian Diet dan Anjuran Sehatnya

Pengertian Diet dan Anjuran Sehatnya - Diet, yup kata ini memang sangat umum terdengar di telinga kita. Pasalnya diet ini erat kaitannya dengan seseorang yang memiliki tubuh yang sehat dan ideal. Bahkan anjuran diet juga seringkali dilontarkan pada mereka dengan berat badan berlebih atau mereka yang memiliki kondisi tertentu. Lalu apa yang dimaksud diet sebenarnya??? Ok, berikut sekilas ulasan lengkapnya!!!

Pengertian Diet dan Anjuran Sehatnya

Mengutip dari lamam doktersehat.com menyatakan bahwa 'Diet adalah sebuah metode yang mengatur asupan makanan dan munuman yang masuk ke dalam tubuh, guna mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol.

Jadi dapat dikatakan pula bahwa diet merupakan suatu pola hidup sehat yang diatur dengan sebuah metode, di mana asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi di atur sedimikian rupa agar berat badan dapat terkontrol dan memenuhi angka yang ideal berdasarkan data kesehatan yang tertera. Namun dari sejumlah kasus diet yang dilakukan oleh sejumlah orang juga memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Tujuan Dari Diet

Pada sejumlah kasus, diet dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan tubuhnya, sebagian kasus lainnya bertujuan untuk menurunkan berat badan yang berbelebih. Dan pada kasus tertentu, diet juga dilakukan karena suatu kondisi atau penyakit tertentu.

Umumnya diet yang dilalukan untuk menjaga kesehatan biasanya dilakukan oleh penderita diabetes, darah tinggi, jantung, ginjal, asam urat dan penderita penyakit lainnya yang mengharuskan pasiennya untuk melakukan diet. Selain itu, diet juga biasanya dilakukan oleh ibu hamil dan menyusui.

Diet yang dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal bagi yang menderita obesitas dan bagi yang memiliki berat badan kurang atau belum mencapai bentuk ideal, diketahui memiliki cara yang berbeda dalam melakukan dietnya. Selain itu, diet juga biasanya dilakukan oleh para atlet. Diet yang dilakukan umumnya bertujuan untuk menjaga berat badan sekaligus untuk menjaga bentuk ototnya.

Nah, biasanya bagi mereka yang memiliki berat badan yang ideal tetapi mudah sekali mengalami kenaikan berat badan biasanya akan melakukan diet untuk menjaga berat badan mereka supaya tetap stabil.

Dalam melakukan diet, diperlukan program diet yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan usia. Hal ini perlu karena dengan program diet yang tepat maka tujuan dari diet yang dilakukan akan tercapai.

Nah, seperti yang kita ketahui sendiri, ada begitu banyak jenis program diet yang bisa dilakukan. Namun setiap orang juga belum tentu mendapatkan hasil yang sama dalam menerapkan program diet yang sama. Oleh karena itu, alangkah baiknya sebelum melakukan diet, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau ahli gizi.

Dari yang diketahui, tidak hanya orang dewasa saja yang melakukan diet, tapi banyak juga remaja dan anak-anak yang melakukan diet. Biasanya program diet mereka akan berbeda dengan program diet yang dilakukan oleh orang dewasa.

Di dalam program diet biasanya akan disertakan berbagai resep diet. Selain mengatur pola makan, biasanya program diet yang bertujuan untuk menjaga berat badan terutama untuk menurunkan berat badan umumnya akan disarankan dengan latihan fisik.

Diet Yang Baik

Makna dari diet sendiri sering kali dicap sebagai cara mengatur pola makan sehari-hari yang tepat. Namun terkadang ada sejumlah orang yang masih bingung dengan maksud hal tersebut. Sehingga tidak heran juga jika bahanya orang yang beranggapan bahwa diet hanya sekedar mengurangi makanan sehingga dengan begitu dapat menurunkan berat badannya.

Namun ternyata anggapan tersebut tidaklah tepat loh guys. Yup, memang benar dengan mengurangi makan juga bisa membantu menurunkan berat badan secara siginifikan, namun saat melakukan metode tersebut sebaiknya perhatikan juga asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Alih-alih berat badan bisa turun namun asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi, maka sama saja hal ini hanya akan sia-sia loh guys.

Yup, memang benar kebanyakan tujuan dari diet adalah untuk menurunkan berat badan, namun metodenya pun harus sesuai dengan makna bahwa diet dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal dan sehat. Jadi apa gunanya jika berat badan ideal namun tubuh kamu sakit. Nah, oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dalam menjalani program diet yang kamu lakukan, jadi dengan kata lain jangan asal-asalan melakukannya ya guys. :)

Metode Diet Yang Sehat

Ok, masih mengutip dari laman doktersehat.com, berikut ada sejumlah cara diet sehat yang dapat menjadi patokan program diet yang kamu lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal dan sehat. Di antaranya :
  • Penuhi asupan cairan tubuh
Air sendiri dikenal sebagai salah satu asupan terpenting untuk tubuh kita. Yup, pasalnya air memiliki peranan penting dalam sistem kerja organ tubuh kita. Nah, jadi agar tubuh dapat bekerja dengan baik, maka kamu harus memenuhi kebutuhan asupan cairannya agar organ di dalamnya bisa berfungsi dengan baik.

Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh mulai dari membantu menjaga suhu tubuh, memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit, mencegah dehidrasi, melembabkan kulit, serta menjaga ginjal tetap sehat. Tak hanya itu, dengan memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh juga bisa menajdi alternatif diet yang benar dan sehat.

Seperti yang telah kita ketahui sendiri bahwa air putih memiliki banyak peranan penting bagi tubuh. Nah, salah satu manfaat terpenting air bagi program diet adalah manfaatnya yang dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar. Sebaiknya minum segelas air putih setengah jam sebelum makan. Rasa kenyang setelah minum air putih akan membuat kamu lebih sedikit mengkonsumsi kalori, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan kamu secara ideal. Agar asupan tubuh tetap terjaga, sebaiknya konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari.
  • Penuhi asupan kalori harian
Yup, dari yang diketahui setiap orang membutuhkan jumlah asupan kalori uyang berbeda-beda tergantung aktivitas fisik, kondisi kesehatan dan usia. Seperti halnya mereka yang berusia 19-30 tahun dan cukup aktif bergerak, rata-rata membutuhkan 2000-2800 kalori perhari.

Nah, guna mendukung diet yang sehat, sebaiknya cukupi kebutuhan kalori harian kamu tidak melebihi batas yang sudah ditentukan. Hal ini dikarenakan jika asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuhmu melebihi dari batas kebutuhan kalori per hari, maka kalori berlebih tersebut akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak. Untuk itu, sebaiknya perhatikan asupan kaloro mu setiap harinya. Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mangandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat. Di samping itu, kamu juga harus menghindari sumber kalori yang kurang sehat seperti makanan manis yang mengandung gula tinggi.
  • Konsumsi buah dan sayur
Kedua bahan pangan ini, bisa menjadi menu wajib yang harus ada saat menjalani diet. Yup, pasalnya buah dan sayur diketahui memiliki serat yang dapat membantu kamu yang untuk merasa kenyang lebih lama. Bahkan kedua bahan pangan ini juga sangat dianjurkan bagi kamu yang tidak kuat menahan lapar. Tidak hanya mengandung serat yang baik, buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin, mineral dan juga air. Di mana kandungan tersebut jugalah yang akan membantu menjaga kesehatan kamu saat sedang diet.

Di samping itu, buah dan sayur juga diketahui memiliki sifat rendah kaloru, sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir jika mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak, karena tidak akan membuat kamu menjadi gemuk loh. Sehingga tidak heran juga jika buah dan sayur sering dianggap sebagai bahan pangan yang sehat untuk berbagai kondisi tubuh.

Ok sobat, sekian informasi mengenai pengertian diet dan anjuran sehatnya yang dapat disampaikan. Terimakaih telah berkunjung dan menyimaknya sampai akhir. Semoga dapat bermanfaat!!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus -  delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,-   Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa lemon...