Senin, 18 Maret 2019

Manfaat Lemon Bagi Ginjal

Manfaat Lemon Bagi Ginjal - Ada begitu banyak manfaat lemon bagi kesehatan tubuh. Nah, salah satunya dikenal sangat baik untuk kesehatan ginjal loh. Lalu apa saja manfaat lemon yang bagus untuk kesehatan ginjal. Berikut sekilas ulasan lengkapnya!!!

Manfaat Lemon Bagi Ginjal

Seperti yang mungkin telah kamu ketahui sendiri, lemon dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Ada begitu banyak kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam buah lemon, yang membuat buah yang satu ini kaya akan manfaat baik untuk tubuh. Nah, salah satu manfaatnya tersebut diketahui mampu membantu menjaga kesehatan ginjal dan mengatasi sejumlah gangguan ginjal.

Adapun beberapa manfaat lemon yang dikenal baik untuk kesehatan ginjal di antaranya yaitu :
  • Mencegah Batu Ginjal
Yup, selain dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Ternyata buah yang dikenal dengan rasa asam menyegarkannya ini juga diketahui memiliki manfaat baik untuk kesehatan ginjal. Nah, salah satu manfaat lemon yang baik untuk ginjal adalah membantu mencegah terbentuknya batu ginjal.

Batu ginjal sendiri terbentuk karena kalsium yang menumpuk di dalam tubuh yang berasal dari makanan tinggi kalsium dan kemudian bereaksi dengan oksalat. Nah, asam sitrat yang terkandung dalam buah lemon dipercaya dapat menghalani reaksi kalsium, oksalat dan juga fosfat supaya lebih mudah larut dan dikeluarkan dari tubuh bersama dengan urine.
  • Meningkatkan Fungsi Organ Ginjal
Lemon dikenal dengan sejumlah kandungan bermanfaatnya. Nah, salah satu kandungan lemon yang bermanfaat untuk ginjal adalah kandungan potasiumnya. Di mana kandungan potasium tersebut akan dapat membantu ginjal dalam menyaring darah sehingga bisa dijadikan minuman untuk membersihkan organ ginjal. Selain itu, asam sitrat yang terkandung dalam lemon akan berguna utuk mencegah kalium dalam tubuh agar tidak mengikat dengan komponen lain untuk membentuk batu ginjal.
  • Menjaga Keseimbangan pH Ginjal
Manfaat lain dari lemon yang dikenal baik untuk kesehatan ginjal adalah kemampuannya yang dapat menyeimbangkan pH ginjal. Nah, dari The Ultimate pH Solution menyebutkan bahwa lemon memiliki sifat alkalizing tubuh meskipun lemon memiliki kandungan asam. Yang mana nantinya akan membuat ginjal bisa bekerja semakin cepat sekaligus memberikan bantuan ekstra untuk menyeimbangkan pH secara signifikan.
  • Diuretik Alami
Lemon juga diketahui dapat berperan sebagai diuretik alami. Hal ini dikarenakan lemon merupakan buah yang rendah akan glikosa sekaligus tinggi akan kandungan asam sitrat. Dengan begitu lemon dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak urin yang sangat penting untuk mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga tidak menumpuk dan menyebabkan batu ginjal.
  • Antibiotik Alami
Tidak hanya bersifat sebagai alkalizing, ternyata kandungan pada lemon juga dapat bersifat sebagai antibiotik alami yang sangat baik bagi kesehatan tubuh loh. Nah, manfaat dari antibiotiknya tersebut yaitu dikenal baik dalam mencegah dan mengobati fungsi ginjal, peradangan dan infeksi saluran kemih, mengurangi rasa sakit penyakit ginjal dan juga membunuh infeksi serta virus penyebab penyakit ginjal lainnya.
  • Menguatkan Pembuluh Darah Ginjal
Kandungan bermanfaat lainnya yang dimiliki lemon untuk kesehatan ginjal adalah kandungan vitamin C dan B nya. Dari yang diketahui kedua kandungan tersebut secara efektif dapat menguatkan serta merawat pembuluh darah pada organ ginjal dan juga penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Agar manfaatnya bisa maksimal, maka disarankan untuk mengonsumsi air lemon yang dicampur dengan air garam.
  • Mengatasi Sistitis Interstisial
Sistitis interstisial sendiri dikenal sebagai salah satu gangguan kesehatan yang menyerang kandung kemih atau dikenal juga sebagai sindrom nyeri kandung kemih. Kondisi ini dapat menimbulkan sejumlah gejala yang salah satunya adalah munculnya tekanan atau rasa nyeri pada kandung kemih yang akan terasa semakin kuat saat ingin buang air kecil. Nah, bagi kamu yang mengalaminya, ada solusi alternatif alami yang bisa membantu mengatasi sejumlah gejala sistitis interstisial. Yup, solusinya yaitu dengan mengkonsumsi berbagai jenis buah jeruk termasuk buah lemon. Kandungan pada buah lemon diketahui mampu membantu meringankan sejumlah gejala yang terjadi akibat kondisi sistitis interstisial.
  • Mengatasi Infeksi Saluran Kemih
Seperti yang telah kamu ketahui bahwa lemon memiliki sifat asam yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, sifat asamnya tersebut juga diketahui memiliki manfaat baik untuk membantu mengurangi rasa sakit saat buang air kecil karena kondisi infeksi saluran kemih. Di samping mengkonsumsi antibiotik yang diresepkan oleh dokter, lemon juga bisa membantu kamu untuk memaksimalkan kemampuan obat tersebut dalam mengatasi infeksi yang terjadi. Karena dari yang telah kamu ketahui sendiri bahwa lemon juga memiliki sifat antibiotik alami yang dapat membantu mengatasi sejumlah masalah infeksi yang terjadi pada tubuh, termasuk infeksi saluran kemih.

Nah, bagaimana sobat cukup banyak bukan manfaat lemon bagi kesehatan ginjal. Tidak hanya manfaat tersebut loh, masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari buah asam yang satu ini. Untuk pengonsumsiannya kamu bisa menjadikan buah lemon untuk dijadikan sebagai jus, infused water, mencapurnya dengan minyak zaitun, madu atau peterseli dan berbagai cara lainnya.

Namun, ada sejumlah hal juga yang perlu kamu ketahui dalam pengonsumsian lemon. Yup, kamu disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena mengkonsumsi lemon secara berlebih dapat menimbulkan sejumlah efek samping yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, lebih baik kamu menggunakan buah lemon tersebut secara bijak dan tidak berlebihan.

Ok sobat, itulah dia beberapa manfaat baik buah lemon bagi ginjal yang dapat disampaikan. Terimakasih telah berkunjung dan menyimaknya sampai akhir. Sekian, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus -  delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,-   Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa lemon...