Senin, 18 Maret 2019

Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil - Yup, seperti yang mungkin Anda ketahui, bahwa madu merupakan bahan organik yang kaya akan manfaat baik untuk tubuh. Ada banyak kandungan gizi dan nutrisi penting yang terkandung dalam madu. Di mana semua kandungan tersebut dikenal sangat baik untuk tubuh. Bahkan madu juga dikenal memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Sehingga tidak heran jika ada sejumlah orang yang menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi madu. Lalu apa saja manfaat madu untuk ibu hamil tersebut??? Ok, lebih jelasnya berikut sekilas ulasan lengkapnya!!!

Madu sendiri merupakan bahan organik berupa cairan kental yang memiliki rasa manis dan bertekstur lengket. Nah, Anda juga mungkin sudah tahu kan bahwa madu dihasilkan dari nektar bunga yang disekresi oleh lebah. Yup, walaupun madu merupakan hasil seksresi lebah, namun bahan organik ini nyatanya mengandung banyak kandungan gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia loh. Adapun sejumlah manfaatnya tersebut juga diketahui sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.

Nah, seperti yang Moms ketahui, bahwa madu memiliki banyak kandungan nutrisi yang akan menguntungkan bagi tubuh. Adapun sejumlah kandungan nutrisi tersebut di antaranya yaitu kalori, asam amino, zat gula glukosa dan fruktosa yang terpisah, vitamin, ribiflavin, thiamin, asam pantotenat, niasin, asam askorbat, piridoksin, dan kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, phospor, zat besi, sulfut dan mangan serta sejumlah kandungan penting lainnya.

Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Dengan sejumlah kandungan penting tersebut, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh Moms yang sedang masa kehamilan. Beberapa manfaat tersebut di antaranya yaitu :
  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Madu dikenal akan sifat antibakteri dan antioksidannya yang baik untuk tubuh. Di mana dengan kedua sifat tersebut, tubuh bisa memiliki sistem imun tubuh yang kuat. Hal ini dikarenakan antibakteri dan antioksidan pada madu mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh secara maksimal dan mencegah sejumlah penyakit infeksi yang rentan di alami oleh ibu hamil. Di samping itu, madu juga bisa membantu mengobati luka, memar atau luka bakar ringan.
  • Meredakan Heartburn
Heartburn sendiri merupakan suatu kondisi di mana muncul sensasi nyeri pada ulu hati. Kondisi ini diketahui sangat sering terjadi pada ibu hamil, khususnya yang telah memasuki trimester akhir. Nah, untuk membantu mengatasi masalah heartburn ini, madu bisa menjadi alternatif terbaiknya> Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan yang dapat membantu menetralisir asam lambung, yang mana hal ini akan membantu meredakan heartburn yang sering terjadi pada saat masa kehamilan.
  • Mengurangi Insomnia
Sudah tidak asing lagi, jika seorang ibu hamil sering mengalami susah tidur. Yup, pasalnya kondisi kehamilan diketahui seringkali menyebabkan sang ibu merasa sulit untuk tidur. Semua posisi tidur rasanya tidak ada yang nyaman. Nah, biasanya kondisi inilah yang menjadi faktor penyebab si ibu mengalami insomnia. Untuk membantu mengatasi insomnia ini, Moms bisa mencoba untuk mengkonsumsi 1 sendok madu bersama susu hangat sebelum tidur. Dari yang diketahui, madu mampu memberikan aksi hipnotis yang dapat membuat Moms tidur lebih nyenyak.
  • Menyembuhkan Batuk
Kandungan pada madu juga diketahui memiliki sifat anti-virus yang dapat membantu melawan virus nakal di tubuh. Bahkan kandungan tersebut juga diketahui sangat efektif untuk mencegah flu dan batuk. Sehingga saat Moms mengalami batuk, dibanding mengkonsumsi obat farmasi yang dijual bebas, ada baiknya Moms lebih memiliki mengkonsumsi madu yang lebih aman untuk kesehatan Moms dan janin yang dikandung.
  • Mengobati Sakit Tenggorokan
Tidak hanya mengobati batuk, bahkan madu juga bisa mengobati sakit tenggorolah loh. Madu sendiri diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan sakit, iritasi atau gatal di tenggorokan. Untuk memanfaatkan madu yang satu ini, Moms bisa mencampurkan madu ke dalam teh jahe. Dengan begitu selain mengatasi sakit tenggorokan, ramuan tersebut juga dapat memberikan sensani hangat pada tubuh.
  • Mengatasi Morning Sickness
Sekiranya ada 70% wanita yang sedang hamil akan merasakan yang namanya morning sickness yaitu berupa mual dan muntah. Hal tersebut akan berdampak pada penurunan berat badan yang akan mempengaruhi kesehatan janin Moms, loh. Nah, namun kini Moms tak perlu khawatir, karena Moms bisa mengatasinya masalah morning sickness tersebut dengan madu loh. Yup, kandungan pada madu yang dipadukan dengan air rebusan jahe bisa membantu Moms mengatasi mencegah terjadinya morning sickness secara alami dan menyehatkan loh Moms.

Oh ya Moms sebelum mengkonsumsi madu, ada sejumlah hal yang perlu Moms perhatikan saat ingin mengkonsumsi madu untuk menjaga kesehatan Moms saat masa kehamilan. Beberapa hal tersebut yaitu :
  • Perhatikan label pada madu yang hendak Moms beli, apakah madu pada kemasan tersebut telah terpasteurisasi dan mendapat sertifikat BPOM. Hal ini dikarenakan proses pasteurisasi sangatlah penting dilakukan pada madu mentah guna mencegah terjadinya risiko keracunan pada Moms yang mengkonsumsinya dan dengan label sertifikat BPOM maka, produk tersebut dapat menjamin keamanannya.
  • Bagi Moms yang mengkonsumsi obat-obatan dan suplemen tertentu yang berdampak pada kadar gula darah, sebaiknya waspadai atau batasi pengonsumsian madunya. Hal ini dikarenakan madu juga mengandung fruktosa yang bisa meningkatkan kadar gula darah.
  • Jika Moms memiliki riwayat alergi pada serbuk sari dan bahan yang dihasilkan lebah lainnya, atau sering mengalami gangguan perdarahan, sebaiknya hindari mengkonsumsi madu atau konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai madu yang akan Moms konsumsi.
  • Hindari mengkonsumsi madu secara berlebihan, karena dapat memicu munculnya efek samping yang tidak baik untuk kesehatan Moms.
Ok Moms, itulah dia beberapa manfaat baik madu bagi ibu hamil yang dapat disampaikan. Sekian, terimakasih telah berkunjung dan menyimak ulasannya sampai akhir. Semoga dapat bermanfaat bagi Moms sekalian. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus -  delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,-   Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa lemon...