Rabu, 27 Maret 2019

Manfaat Lemon Untuk Penderita Kolesterol

Manfaat Lemon Untuk Penderita Kolesterol - delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,- Kolesterol sendiri dikenal sebagai salah satu kondisi yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner. Hal ini dikarenakan jika kadar kolesterol jahat dalam tubuh sangat tinggi, maka sistem metabolisme tubuh pun akan kesulitan untuk memprosesnya. Kadar kolesterol yang tidak dapat di proses dalam tubuh akan menumpuk di dalam tubuh dan bahkan dapat menempel di pembuluh darah. Nah, kondisi inilah yang dapat menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan salah satunya dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Ketika pembuluh darah tersumbat oleh kolesterol yang menempel dan menumpuk tersebut, maka secara otomatis kondisi ini dapat menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh dapat terhambat. Nah, agar darah tetap teralirkan ke seluruh tubuh, jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompanya agar seluruh organ tubuh bisa mendapatkan aliran darah yang cukup.

Nah, jika kondisi penumpukan kolesterol terus dibiarkan begitu saja, lama kelamaan fungsi jantung dapat terganggu dan berisiko tinggi menyebabkan jantung koroner dan komplikasi penyakit lainnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kadar kolesterol yang tinggi dan menumpuk di dalam tubuh. Nah, salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi lemon.
Manfaat Lemon Untuk Penderita Kolesterol
Manfaat Baik Lemon Untuk Penderita Kolesterol

Yup, lemon sendiri dikenal sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan nutrisi dan gizi yang lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh. Ada banyak manfaat baik yang bisa diberikan oleh lemon pada tubuh kita. Salah satu manfaatnya tersebut membantu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Lemon juga diketahui memiliki manfaat dalam hal diet, hal ini dikarenakan kandunga pada lemon mampu melunturkan lemak di dalam tubuh sehingga kolesteril yang juga menumpuk dalam tubuh juga akan ikut terbuang. Dengan mengkonsumsi satu gelas air hangat yang dicampur dengan perasan lemon diketahui sudah dapat membnatu menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh melebihi minumun yang lainnya, yang mana hal ini akan menjadi kabar gembira bagi penderita kolestero. Yup, lemon diketahui memiliki beberapa manfaat yang dapat menguntungkan penderita kolesterol, di antaranya yaitu :
  • Sumber Vitamin C Yang Tinggi
Tentu sudah jelas, lemon dikenal sebagai jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi. Vitamin C dalam buah lemin seringkali disebut sebagai senyawa asam askorbat, di mana senyawa tersebut merupakan penyebab buah lemon memiliki rasa yang sangat asam.

Nah, vitamin C sendiri dikenal sebagai sumber nutrisi yang kaya akan manfaat baik bagi tubuh. Salah satu manfaatnya tersebut dikenal sangat baik untuk mengatasi kolesterol tinggi. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Sciences Nigeria edisi 2006, kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah lemon sangat baik untuk mengurangi jumlah lipid dan kolesterol dalam darah. Selain itu, dari hasil riset lain juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi vitamin C tinggi yang ada dalam buah lemon ini sangat baik untuk melindungi tubuh dari hipertensi, aterosklerosis dan juga kolesterol.

Nah, hal ini merupakan kabar gembira bagi penderita kolesterol. Pasalnya mereka bisa mengatasi kolesterol tinggi mereka dengan cara yang alami hanya dengan meminum satu gelas air hangat yang telah dicampur dengan perasan air lemon.
  • Tinggi Kandungan Flavonoid
Selain tinggi akan vitamin C nya, buah lemon juga mengandung senyawa lain, salah satunya adalah flavonoid yang sangat tinggi khususnya eriocitris dan juga limonon. Nah, kedua senyawa ini dikenal sebagai senyawa yang dapat memberikan rasa pahit dalam lemon. Namun, di samping itu, kedua senyawa ini juga memiliki banyak manfaat dan salah satunya adalah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Dari hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science edisi 2006 menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi eriocitrin setiap hari akan menurunkan total kolesterol secara bertahap yakni kolesterol jahat (LDL), trigliserida dan juga fosfolipid.

Selain itu, dalam studi lain yang diterbitkan oleh Alternative Therapies edisi 2007, pria dan wanita yang mempunyai kolesterol tinggi dan mengkonsumsi flavonoid serta vitamin E setiah harinya selama 4 minggu terbukti bisa menurunkan 20%-30% kadar kolesterol dalam darah. Para peneliti juga memiliki teori jika limonon bisa mengurangi produksi apoliproprotein B yakni zat dalam hati yang berhubungan dengan meningkatnya kadar kolesterol tinggi.

Selain itu, kulit lemon juga diketahui tinggi akan kandungan flavonoid yang sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan juga hati. Salah satu jenis flavonoid nya tersebut yakni flavon polimetoksilat dalam lemon merupakan antioksidan yang sangat kuat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.
  • Tinggi Kandungan Serat
Yup, lemon juga dikenal akan seratnya yang sangat tinggi khususnya serat larut seperti pektin yang juga sering dikaitkan dengan penurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Nah, dalam sebuah strudi yang diterbitkan dalam Journal Clinical Cardiology menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi sitrus setiap hari dan dilakukan selama 16 minggu, maka memiliki penurunan kadar kolesterol total hingga mencapai 7.6% dan rata-rata penurunan LDL sekitar 11%.

Dari yang diketahui seluruh bagian dari buah lemon adalah sumbr serat pektin yang tinggi dan sangat baik untuk dikonsumsi. Serat larut tersebut akan diketahui akan mampu menyerap air dalam saluran pencernaan dan kemudian membentuk massa yang kental. Asam empedu yang mengandung kolesterol sebagai komponen nantinya akan terperangkap dalam massa kental tersebut dan tidak akan diserap kembali oleh tubuh melainkan akan dibuang sehingga kolesterol dalam darah akan menurun secara bertahap. Dalam satu buah lemon berukuran sedang sudah bisa memberikan 1.6 gram serat total dan 1 gram serat larut sebagai penurun kolesterol jahat yang sangat ampuh, namun tidak menghilangkan manfaat kolesterol baik dalam tubuh.

Manfaat lemon untuk kolesterol sudat terbukti ampuh khasiatnya dari beberapa riset dan peneletian yang sudah dilakukan. Untuk saran mengkonsumsi buah lemon ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jus lemon yang bisa ditambahkan dengan pemanis alami seperti madu.

Cara Mengkonsumsi Buah Lemon Untuk Menurunkan Kolesterol

Adapun cara yang tepat untuk mengkonsumsi lemon sebagai obat untuk menurunkan kolesterol tinggi, di antaranya yaitu :
  • Campurkan perasan lemon dengan air hangat dan bisa ditambahkan madu. Usahakan untuk tidak mencapurnya dengan gula. Minum air lemon setiap pagi sebelum sarapan menu yang berat.
  • Untuk yang tidak cocok mengkonsumsi sebelum makan, kamu bisa meminumnya sebelum tidur.
  • Saat memeras lemon jangan menggunakan barang perasan yang terbuat dari plastik.
Konsumsilah dengan takaran yang tepat dan rutin. Sesuaikan dengan saran dokter agar tidak terjadi komplikasi saat konsumsi dengan obat-obatan kimia sebagai manfaat lemon untuk menurunkan kolesterol.

Sumber referensi : di lansir dari laman https://manfaat.co.id dan http://kolesterol.co.id

Ok guys, demikianlah manfaat buah lemon yang dikenal sangat baik untuk penderita kolesterol. Sekian yang dapat disampaikan, terimakasih telah menyimaknya sampai akhir, dan terimakasih banyak untuk kunjungannya sekalian. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus -  delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,-   Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa lemon...