Selasa, 26 Maret 2019

Manfaat Lemon Untuk Ibu Hamil

Manfaat Lemon Untuk Ibu Hamil - delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,-  Masa kehamilan merupakan masa yang sangat ditunggu oleh sebagian wanita. Pasalnya kehamilan diketahui sebagai kabar menggembirakan bagi sebagian pasangan. Namun, pada masa tersebut, wanita hamil seringkali dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi sembarang makanan. Mereka sering disarankan untuk bisa memiliki makanan yang sehat untuk dikonsumsi agar ibu dan janin tetap dalam keadaan yang sehat. Umumnya, wanita hamil selalu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, asam folat, kalsium, dan nutrisi penting lainnya. Begitu pula dengan minuman, mereka harus lebih banyak minum air putih dibanding dengan minuman lainnya.

Sebagian orang beranggapan bahwa selama kehamilan tidak boleh minum air lemon, karena memiliki rasa yang cukup asam. Namun, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Pasalnya, dokter masih tetap menyarankan wanita hamil untuk minum air lemon, hal ini dikarenakan lemon memiliki banyak manfaat asalkan pengonsumsiannya tidak dalam jumlah berlebihan.
Manfaat Lemon Untuk Ibu Hamil
Manfaat Baik Lemon Untuk Masa Kehamilan

Adapun sejumlah manfaat lemon yang dikenal sangat baik untuk kehamilan di antaranya yaitu :
  • Menurunkan Hipertensi
Dari yang diketahui wanita hamil lebih rentan terserang tekanan darah tinggi dibandingkan dengan wanita pada umumnya. Tekanan darah tinggi pada wanita hamil bisa menyebabkan terjadinya pre-eklamasia. Jika kondisi tersebut terus dibiarkan, maka bisa menyebabkan kematikan. Oleh karena itu, Moms harus bisa menghindari kemungkinan terburuk tersebut dengan melindungi diri dari risiko hipertensi. Salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan cara mengkonsumsi air lemon segar secara rutin.
  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Pada masa kehamilan tubuh Moms akan lebih mudah sakit, hal ini dikarenakan selama kehamilan Moms akan sering mengalami cemas. Dan hal tersebut tentu saja akan berpotensi memicu timbulnya penyakit yang cukup serius yang akhirnya bisa membahayakan kesehatan janin. Nah, kandungan vitamin C pada lemon diketahui cukup tinggi dan bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada wanita hamil. Untuk itu, konsumsilah air lemon segar agar sistem imun tubuh selama masa kehamilan bisa meningkat.
  • Obat Sembelit
Sembelit menjadi masalah yang paling sering dirasakan oleh ibu hamil. Untuk mengatasinya, Moms bisa mengkonsumsi air lemon. Kandungan pada air lemon akan membantu perut Moms mengeluarkan lebih banyak cairan di sistem pencernaan. Sehingga, hal tersebut dapat membantu gerakan peristaltik usus besar yang membantu melawan sembelit.
  • Sumber Vitamin C Yang Baik
Dari yang diketahui sebagian besar ibu hamil akan mengalami kekurangan vitamin C. Nah, untuk membantu mengatasi masalah tersebut lemon bisa menjadi solusi terbaiknya. Biasanya ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi jus lemon alami secara teratur tanpa harus selalu bergantung pada suplemen.
  • Menghindrasi Tubuh
Tidak sedikit ibu hamil merasa dehidrasi karena kebutuhan air lebih besar dari pada sebelumnya. Hal ini disebabkan karena pada saat hamil Moms akan membutuhkan cairan untuk diri sendiri dan janin.

Air tersebut akan membentuk plasenta yang berfungsi untuk mengantarkan gizi pada janin agar berkembang dengan sehat dan mendapatkan sel darah yang baik. Selain air mineral, jus maupun perasan lemon dapat menghidrasi tubuh Moms dengan cukup baik dan pastinya dapat membuat Moms lebih segar juga.
  • Mengurangi Kaki Bengkak
Saat hamil, Moms pasti akan mengalami beberapa pembengkakan. Dari yang diketahui pembengkakan yang paling menonjol adalah pada bagian kaki atau disebut dengan edema. Nah, untuk membantu mengatasi pembengkakan tersebut, Moms bisa memanfaatkan 2-3 sendok makan jus lemon dan konsumsilah bersama air hangat. Ini dapat membantu mengurangi edema saat masa kehamilan.
  • Melancarkan Persalinan
Faktanya ibu hamil akan merasa tegang sebelum persalinan. Beberapa orang mengatakan bahwa mengkonsumsi jus lemon dengan beberapa tetes madu bisa bekerja dengan baik dalam membuat persalinan terasa lebih mudah dan tenang.

Agar ramuan herbal tersebut berfungsi dengan baik, penting bagi Moms untuk mengkonsumsi jus atau perasan buah lemon mulai dari bulan ke 5 hingga persalinan. Konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mendapatkan masukan yang disesuaikan dengan kebutuhan Moms.
  • Mengatasi Morning Sickness
Menurut the American Pregnancy Association, lemon dapat membantu mengatasi mual yang berhubungan dengan morning sickness pada trimester pertama kehamilan. Lemon diketahui dapat mengatasi kelebihan cairan empedu dan lendir yang berkumpul di dalam saluran pencernaan Moms, yang mana hal ini akan dapat membantu mencegah terjadinya penyumbatan. Lemon juga diketahui dapat membantu mengatasi bau mulut.
  • Menjaga Kesehatan Tulang Moms dan Bayi Moms
Lemon sendiri dikenal memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan. Nah, beberapa kandungan tersebut di antaranya yaitu magnesium dan kalsium, yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang Moms, dan perkembangan tulang bayi Moms. Lemon juga mengandung kalium yang dapat membantu menutrisi sel-sel otak dan juga saraf.

Efek Samping Mengkonsumsi Lemon Saat Hamil

Namun, dibalik sejumlah manfaatnya tersebut, Moms juga harus mewaspadai efek samping mengkonsumsi lemon saat hamil. Walau secara keseluruhan lemon baik dikonsumsi saat hamil, akan tetapi ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi seperti di bawah ini :
  • Heartburn atau Gangguan Pencernaan
Pada trimester akhir kehamilan, sebagian besar ibu hamil biasanya akan mengalami heartburn atau gangguan pencernaan lainnya. Nah, dari yang diketahui keasaman dari lemon dapat memicu timbulkan gejala gangguan pencernaan ini. Jika Moms mengalami gangguan pencernaan tersebut, sebaiknya hindari konsumsi lemon hingga gejala mereda.
  • Gangguan Gigi
Tulang dan gigi Moms sangat mudah mengalami dekalsifikasi saat sedang hamil. Nah, asam sitrat di dalam lemon dapat berperan sebagai pemicu yang akan merusak email gigi. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya berbagai gangguan gigi. Oleh karena itu, jangan mengkonsumsi air lemon dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Batasi dan gunakan lemon sebijak mungkin, agar manfaatnya bisa didapatkan dengan optimal.
  • Menyebabkan Flu dan Batuk
Mengkonsumsi air lemon dingin dapat menyebabkan terjadinya flu dan batuk pada ibu hamil. Oleh karena itu, pastikan Moms selalu mengkonsumsi air lemon hangat atau pada suhu ruangan selama hamil, terutama jika cuaca sedang dingin.

Ok guys, itulah dia sejumlah manfaat dari lemon yang dikenal sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Namun, saat mengkonsumsinya, Moms juga harus tetap mewaspadai efek samping yang bisa muncul akibat lemon yang Moms konsumsi. Untuk menghindari efek samping tersebut, ada baiknya Moms tidak mengkonsumsi lemon secara berlebihan atau jika diperlukan Moms bisa mengkonsultasikannya pada dokter untuk mengetahui takaran yang tepat sesuai dengan kondisi Moms.

Nah, sekian yang dapat disampaikan mengenai manfaat lemon bagi ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus -  delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,-   Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa lemon...