Selasa, 26 Maret 2019

Dampak Keseringan Mengkonsumsi Lemon Dalam Jumlah Banyak

Dampak Keseringan Mengkonsumsi Lemon Dalam Jumlah Banyak - delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,- Yup, walau lemon dikenal memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Namun jangan salah loh, jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi air lemon, bukan kesehatan yang bisa kamu dapatkan malah sebaliknya. Untuk itu, penting bagi kamu untuk menggunakan air lemon secara bijak dan tidak berlebihan.
Dampak Keseringan Mengkonsumsi Lemon Dalam Jumlah Banyak
Seperti yang kalian ketahui sendiri buah lemon dikenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi lengkap yang sangat menyehatkan untuk tubuh. Yup, salah satu kandungan yang paling terkenal dari buah lemon ini adalah vitamin C nya sangat tinggi.

Nah, saking banyaknya kandungan yang terkandung dalam buah lemon, membuat sebagian besar orang menjadikan buah yang satu ini sebagai salah satu gaya hidup sehat.

Namun, siapa sangka nih guys, tidak banyak orang yang tahu, ternyata mengkonsumsi buah lemon yang berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi tubuh loh.

Menurut peneliti dari University of Michigan, Mark Moyard menyebutkan bahwa tubuh hanya membutuhkan kandungan lemon tidak lebih dari 500 mg perhari.

Karena lemon mengandung vitamin C yang melimpah, maka dengan kata lain, jika terlalu banyak mengkonsumsi lemon, hal ini dapat membuat tubuh mengalami overdosis vitamin C. Yang mana hal ini akan berdampak buruk bagi tubuh.

Efek Terlalu Banyak Mengkonsumsi Lemon

Adapun sejumlah dampak buruk yang dapat terjadi, jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi lemon di antaranya yaitu :
  • Merusak Enamel Gigi
Lemon sendiri dikenal akan kandungan asam nya yang sangat tinggi. Nah, kandungan asam pada lemon ini diketahui dapat menyebabkan enamel gigi menjadi rusak jika keseringan mengkonsumsinya terlalu banyak. Dari yang diketahui, enamel gigi memiliki pH sekitar 5.5, sehingga jika terkena zat asam yang lebih tinggi maka enamel tersebut dapat terkikis.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan kandungan asam apapun yang di bawah pH 4 dapat menyebabkan enamel gigi terkikis. Nah, sedangkan asam sitrat dan askorbat pada lemon memiliki pH sekitar 2. Jadi, dengan kata lain ketika asam ini bekerja pada kalsium enamel gigi, maka secara otomatis hal ini akan membuat enamel gigi terkikis. Nah, untuk menghindari kerusakan enamel gigi ini, kamu bisa mengkonsumsi lemon dengan cara mencampur air lemon dengan banyak air atau bila perlu kamu bisa meminumnya dengan menggunakan sedotan.
  • Sariawan
Mengenai sariawannya sendiri, kondisi ini diketahui sebagai luka terbuka di dalam mulut yang sering terjadi karena reaksi alergi. Nah, dari yang diketahui salah satu penyebab alergi bisa di dapat dari buah-buahan yang sangat asam seperti lemon. Beberapa dokter bahkan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi buah lemon saat sedang mengalami sariawan.
  • Sering Buang Air dan Dehidrasi
Kandungan vitamin C pada lemon dapat meningkatkan produksi urine. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang mengalami hipertensi atau orang yang menderita penyakit kencing. Nah, kondisi produksi urine yang berlebih tersebut secara otomatis bisa menyebabkan kamu sering buang air kecil. Kondisi ini pula lah yang dapat kamu mengalami dehidrasi. Nah, untuk mencegah dehidrasi karena kondisi tersebut, sebaiknya lebih seringlah minum air putih.
  • Sakit Kepala (Migrain)
Dalam sebuah penelitian 11% dari 490 pasien migrain mengatakan bahwa makan buah jeruk dapat menimbulkan serangan sakit kepala. Hal ini dikarenakan buah jeruk mengandung tyramine, produk protein yang merupakan pemicu migrain. Sehingga bagi sebagian orang, buah jeruk seperti lemon bisa memicu terjadinya migrain.
  • Pencernaan Bermasalah dan Kelesuan
Menurut ilmuan kesehatan dari India, Ayurveda, jus lemon sebaiknya tidak dicampur dengan susu, yogur, tomat dan mentimun. Hal ini dikarenakan akan membuat kandungan di dalamnya menjadi tidak seimbang sehingga membuat pencernaan bermasalah dan mengakibatkan kelesuan.
  • Mual, Muntah dan Sakit Perut
Bagi beberapa kondisi tubuh yang sensitif, mengkonsumsi buah lemon dapat mengakibatkan mual, muntah dan sakit perut. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh kurang dapat menyerap vitamin C dengan baik. Untuk membuang ekstra vitamin C yang diserap tubuh dan mengembalikan keseimbangan tubuh, dapat dilakukan dengan cara meminum air putih hangat.
  • Menyebabkan Sunburns
Dari yang diketahui kandungan anti-tan pada lemon dapat membuat kulit menjadi lebih putih. Namun bagi kulit yang sensitif penggunaan lemon pada kulit justru bisa mengakibatkan sunburns (sensasi terbakar pada kulit).

Tak hanya mengakibatkan sensasi terbakar, penggunaan buah lemon pada kulit juga diketahui dapat mengakibatkan munculnya bintik-bintik hitam dan lecet. Nah, reaksi ini sering dikaitkan dengan senyawa kimia organik furocoumarin dalam lemon yang bersifat menyerap radiasi UVA (ultraviolet A). Selain itu, penggunaan lemon pada kulit kering juga dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan bersisik.
  • GERD (Gastro-oesophageal reflux disease)
GERD dikenal sebagai kondisi di mana naiknya cairan asam lambung ke tenggorokan. Cairan tersebut dapat memicu peradangan dan mengiritasi lapisan dalam kerongkongan.

Gejala utama dari GERD sendiri adalah nyeri pada ulu hati yang terus menerus dan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Tingkat keasamaan yang tinggi pada lemon dapat mengakibatkan iritasi pada lapisan lambung dan kerongkongan. Nah, iritasi yang terjadi pada lapisan lambung lah yang dapat mengakibatkan terjadinya GERD, salah satunya penyakit maag.
  • Meningkatkan Kandungan Besi
Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Kelebihan zat besi dapat merusak organ-organ dalam tubuh terutama bagi penderita hemochromatosis.

Ok guys, itulah dia dampak yang akan kamu rasakan jika keseringan mengkonsumsi lemon dalam jumlah yang banyak. Jadi, jika kamu ingin mendapatkan manfaat lemon yang baik sebaiknya lebih bijak lagi dalam memanfaatkan buah asam menyegarkan yang satu ini ya guys. Sehingga dengan begitu, manfaat baik dari lemon bisa kamu rasakan dengan optimal tanpa merugikan kesehatan mu.

Nah, sekian yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus -  delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,-   Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa lemon...