Kamis, 14 Maret 2019

Manfaat Madu Bagi Si Kecil

Manfaat Madu Bagi Si Kecil - Siapa sih yang tak kenal dengan cairan kental serupa dengan sirup dan memiliki rasa manis yang nikmat di mulut ini??? Yup, madu, hampir semua orang di seluruh penjuru dunia ini pasti mengenal yang namanya madu. Pasalnya madu sendiri telah dikenal sejak berabad-abad lalu sebagai zat kental organik yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Mungkin Bunda juga sudah tahukan bahwa madu memiliki banyak manfaat jika diberikan pada si kecil. Yup, ada banyak kandungan penting dari madu yang dapat bermanfaat bagi perkembangan si kecil. Yuk, cari tahu manfaat baik apa saja yang bisa diberikan madu untuk si kecil!!!

Manfaat Madu Bagi Si Kecil

Selain memiliki rasa manis yang dapat membuat mood menjadi lebih baik, madu juga ternyata menyimpan banyak kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan yang ada pada madu dikenal cukup kompleks sehingga dapat membantu memenuhi asupan kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tidak heran banyak orang yang memanfaatkan madu sebagai sumber nutrisinya.

Cairan kental organik yang satu ini diketahui sangat aman untuk dikonsumsi oleh sejumlah kalangan, mulai dari anak-anak usia 1 tahun ke atas hingga lansia. Ada begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh tubuh dari kandungan yang ada pada madu. Nah, bahkan ada anjuran yang menyarankan orang tua untuk memberikan asupan madu secara rutin pada si kecil. Manfaat madu bagi si kecil sangatlah banyak, bahkan anjuran ini juga didasarkan karena kandungan pada madu mampu membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Manfaat Madu Untuk Tubuh Si Kecil

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat baik dari madu bagi si kecil :
  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Pasalnya sistem imun tubuh pada anak-anak diketahui masih belum terbentuk secara sempurna atau tidak seimbang. Sehingga tidak heran jika tubuh si kecil lebih rentan terkena penyakit dibanding mereka yang sudah berusia remaja atau dewasa. Untuk membantu menyeimbangkan sistem imun tubuh nya Bunda perlu memberikan asupan nutrisi dan gizi yang lengkap serta seimbang untuk menunjang sistem imun tubuh nya agar tidak mudah melemah. Nah, adapun solusi yang tepat untuk membantu memberikan gizi dan nutrisi yang seimbanga dengan mudah dan praktis. Yup, solusi tersebut yakni dengan memberikan asupan madu secara rutin pada si kecil.

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa madu memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap dan kompleks yang baik untuk tubuh manusia, terutama bagi si kecil. Nah, jadi dengan rutin memberikan asupan madu pada si kecil, maka secara otomatis bunda telah memenuhi asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan yang ada pada madu juga dikenal mampu merangsang sistem imun tubuh untuk melawan sejumlah infeksi penyakit yang menyerang tubuh si kecil. Nah, dengan kemampuan madu tersebut maka si kecil pun tidak akan mudah terkena penyakit.
  • Menyembuhkan Batuk dan Pilek
Si kecil sangat rentan sekali terhadap sejumlah gangguan kesehatan tubuh beberapa di antaranya yaitu batuk dan pilek, apalagi jika didukung dengan kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

Kondisi cuaca yang kurang bersahabat diketahui menjadi faktor penyebab sistem imun tubuh si kecil menjadi menurun, sehingga sangat rentan terhadap seranga penyakit terutama batuk dan pilek.

Bahkan kondisi gangguan kesehatan tersebut bisa sampai membuat kenyamanan tidur si kecil menjadi terganggu. Nah, untuk membantu mengatasi kondisi tersebut, madu bisa menjadi altenatif yang tepat untuk dijadikan obat solusinya. Di mana kandungan pada madu memiliki sifat antivirus, antibiotik dan antioksidan yang dapat membantu melawan sejumlah penyakit infeksi yang menyerang ketika cuaca sedang tidak baik untuk si kecil.

Dengan memberikan madu pada si kecil saat sedang mengalami batuk atau pilek, kandungan pada madu dapat membantu melawan penyebab dari penyakit yang terjadi dan bahkan dapat membantu melegakan tenggorokan si kecil. Dengan tidur si kecil pun tidak akan terganggu lagi karena gangguan penyakit yang dialaminya.
  • Melancarkan Sistem Pencernaan
Madu juga bisa menjadi alternatif yang baik untuk membantu mengatasi gangguan sistem pencernaan yang dialami si kecil seperi susah buang air besar (BAB) atau sembelit. Dari yang diketahui madu memiliki sejumlah kandungan enzim yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Di mana enzim tersebut dapat membantu membuat pergerakan usus menjadi lebih teratur dan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Tidak hanya itu, madu juga dapat mengurangi keasaman dalam perut karena ada kandungan antiseptik dalam madu mampu meningkatkan produksi lendir usus.
  • Meningkatkan Nafsu Makan
Yup, mungkin sebagian dari bunda akan merasa bingung ketika si kecil sangat sulit diajak makan. Bagaimana tidak, seorang ibu pasti akan mengkhawatirkan kondisi kesehatan anaknya, karena jika si anak sulit makan, maka asupan nutrisi gizi dan nutrisinya pun akan sulit terpenuhi. Yang mana pada akhirnya kondisi ini juga bisa membuat si anak sakit. Bunda pasti gak mau kan jika si kecil sakit. Nah, untuk membantu mengatasu masalah nafsu makan yang kurang pada si kecil. Bunda bisa mensiasatinya dengan madu loh.

Umumnya anak-anak sangat suka dengan makanan yang manis. Nah, untuk itu, madu bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mensiasati si kecil yang sulit makan dengan menambahkan madu pada makannya.

Glukosa dan fruktosa pada madu diketahui dapat membantu menstrimulasi pencernaan si kecil agar merasa lapas, sehingga dengan begitu si kecil pun tidak akan sulit makan.
  • Mendukung Pertumbuhan
Usia anak-anak merupakan usia emas, di mana sejumlah pertumbuhan sel, jaringan dan perkembangan kemampuan otak dan sejumlah tubuh lainnya terjadi pada usia tersebut. Nah, untuk membantu mendukung pertumbuhannya tersebut, bunda bisa memberikan asupan madu sebagai alternatif agar tumbuh kembang si anak dapat berjalan dengan lancar dan baik. Hal ini dikarenakan madu kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan si kecil pada masanya.
  • Sebagai Sumber Energi
Seperti yang telah diketahui madu memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang kompleks. Nah, dengan kandungan kompleksnya tersebut, madu bisa menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh si kecil. Dengan memberikan asupan madu secara rutin pada si kecil, maka si kecil pun tidak akan mudah lemas dan akan selalu berenergi.
  • Menyembuhkan Luka Dengan Baik
Manfaat madu lainya yang dikenal baik si kecil adalah kemampuannya yang dapat membantu menyembuhkan luka pada tubuh si kecil. Selain memiliki pemanis alami yang baik untuk kesehatan si kecil, madu juga memiliki kandungan vitamian C yang sangat baik untuk membantu menyembuhkan luka dengan cepat dan mencegahnya dari infeksi. Sehingga dengan mengoleskan madu pada luka si kecil, maka luka tersebut akan dapat sembuh dengan cepat dan terhindar dari infeksi.
  • Meningkatkan Daya Ingat
Dari yang diketahui dengan mengkonsumsi minimal 20 gram per haru akan memicu regenerasi sel-sel dalam otak dan menstimulasi produksi hormon-hormon yang bertanggung jawab akan kecerdasan dan daya ingat si kecil. Daya ingat yang baik sangat penting untuk proses pertumbuhan agar si kecil dapat mengeksplorasi dan mempelajari berbagai hal baru di sekitarnya.

*Catatan : Pemberian madu hanya dianjurkan pada anak usia anak 1 tahun ke atas. Segera periksakan si kecil pada dokter jika mengalami alergi setelah mengkonsumsi madu.

Nah bun, itulah dia beberapa manfaat baik madu bagi si kecil, terus berikan asupan nutrisi dan gizi yang terbaik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya ya Bun. Ok bun, sekian yang dapat disampaikan semoga dapat bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung dan menyimak ulasannya sampai akhir. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus -  delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,-   Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa lemon...