Sabtu, 16 Maret 2019

Keunggulan Royal Jelly Bagi Kesehatan Tubuh

Keunggulan Royal Jelly-Bagi Kesehatan Tubuh Seperti yang telah kita ketahui sendiri bahwa lebah madu tidak hanya menghasilkan cairan kental yang bernama madu dan bahan organik padat nan lengket yang dikenal dengan propolis. Namun lebah madu juga menghasilkan bahan organik lainnya yang tak kalah bermanfaat. Yup, bahan organik tersebut dikenal dengan nama royal jelly. Berbeda dari bahan organik lainnya yang dihasilkan oleh lebah. Royal jelly dibuat secara khusus untuk ratu lebah loh. Ok lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini!!!

Keunggulan Royal Jelly Bagi Kesehatan Tubuh

Royal jelly sendiri merupakan zat yang disekresikan oleh lebah  madu pekerja untuk digunakan sebagai makanan sang ratu lebah dan larva lebah madu. Zat ini berguna untuk membantu sang ratu lebah dalam proses prokreasi (menghasilkan keturunan) dan memberikan makanan pada larva lebah madu supaya dapat berkembang secara maksimal.

Kandungan Dari Royal Jelly

Sebagian besar kandungan royal jelly terdiri dari 70% air dan sisanya adalah protein, beberapa jenis vitamin, gula, garam dan asam amino. Namun secara umum royal jelly diketahui memiliki kandungan yang sangat kompleks, yang mana beberapa di antaranya yaitu :
  • Protein dan asam amino dikenal sebagai kandungan terbesar dalam royal jelly.
  • Asam lemak esensial yaitu 10-HDA (trans-10-hydroxy-2-decenoic-acid).
  • Vitamin B kompleks yang di antaranya B1, B2, B3, B5, B6, B12, biotin, asam folat, inositol dan asam pantotenant.
  • Asetilkolin.
  • Gula fruktosa dan glukosa.
  • Enzim.
  • Mineral seperti kalium, kalsium, natrium, zinc, besi, cuprum, mangan.
Keunggulan Royal Jelly Untuk Kebaikan Tubuh

Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan, menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi royal jelly secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol, mengobati infertilitas (mandul) dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, royal jelly juga diketahui sangat bagus untuk dikonsumsi oleh penderita kanker. Hal ini dikarenakan royal jelly mengandung zat antioksidan baik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan sel kanker.

Bahkan royal jelly juga dikenal baik mampu membnatu meningkatkan kesehatan otak dan mencegah kondisi seperti alzheimer. Nah, manfaatnya tersebut dikarenakan royal jelly mengandung senyawa neurotransmiter yang penting dan sangat baik untuk sistem saraf otak. Tidak hanya itu, royal jelly juga diketahui bisa menyeimbangkan hormon dan dapat meningkatkan kesehatan seksual.

Selain manfaat-manfaat tersebut, masih banyak manfaat lain yang sangat baik untuk tubuh. Di lansir dari laman wanita22.com, berikut beberapa manfaat lain dari royal jelly, di antaranya :
  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Dalam sebuah studi menyatakan bahwa royal jelly banyak mengandung senyawa flavonoid dan senyawa organik lainnya. Di mana senyawa-senyawa tersebut diketahui bermanfaat untuk membantu meningkatkan kinerja dengan cara membangun sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dari hasil penelitian lainnya, menunjukkan bahwa setelah mengkonsumsi royal jelly histamin yakni senyawa yang dilepaskan tubuh sebagai respin terhadap cedera atau alergi dapat ditekan dengan baik. Sehingga dapat membantu mencegah terjadinya alergi pada tubuh. Tidak hanya itu, bahkan kadnunag royal jelly juga dapat membantu menetralkan alergen dan mempercepat penyembuhan luka. Namun, aspek ini diketahui perlu diteliti lebih lanjut kembali.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
Yup, walaupun royal jelly diketahui tidak secara langsung dapat mengurangi berat badan. Namun royal jelly diketahui dapat meningkatkan stamina, dengan kata lain hal ini dapat membantu Anda untuk berlatih lebih keras yang pada gilirannya akan mengarah pada penurunan berat badan. Di samping itu, royal jelly juga bersifat rendah kalori dan tidak memiliki lemak jenuh, sehingga dengan kata lain royal jelly bisa menjadi suplemen tambahan untuk diet.

Nah, menurut sebuah studi dari Iran, menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi royal jelly sebagai suplemen dapat membantu dalam mengatur berat badan pada penderita diabetes. Selain itu, juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa membantu menurunkan berat badan.
  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Royal jelly juga diketahui sebagai salah satu bahan organik yang memiliki jenis bakteri baik seperti bifidobacteria yang dapat mendukung kesehatan pencernaan. Yang mana hal ini dikenal sebagai probiotik yang baik nan bermanfaat untuk mendukung kesehatan saluran pencernaan.
  • Memaksimalkan Kinerja Otak
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa royal jelly memiliki kandungan antioksidan yang baik. Nah, di samping sangat baik untuk penderit kanker, kandungan antioksidan pada royal jelly juga dapat membantui melindungi asam lemak di jaringan otak dari serangan radikal bebas. Yang mana kemampuannya ini diketahui memiliki potensi yang baik untuk membantu pengobatan alzheimer.

Nyutrisi dalam royal jelly juga diketahui dapat mengobati ketidak seimbangan kimia di otak yang dapat menyebabkan kecemasan dan stres. Tidak hanya itu, ternyata royal jelly juga merupakan satu-satunya sumber alami asetilkolin yang merupakan senyawa neurotransmiter yang mengatur memori dan mengirimkan pesan sel ke sel. Nah, tingkat optimal dari senyawa neurotransmiter di otak ini dapat dihubungkan dengan peningkatan memori dan fungsi kognitif. Bahkan kandungan pada royal jelly juga diketahui mampu membantu mengobati depresi.
  • Mencegah Terjadinya Osteoporosis
Nah, sebuah hasil penelitian dari Turki menyebutkan bahwa royal jelly yang dipadukan dengan bee pollen dapat menghilangkan risiko osteiporosis. Penelitian ini juga menemukan bahwa royal jelly bisa meningkatkan penyerapan kalsium internal yang dapat membantu membangun kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.
  • Melawan Kanker
Kemampuan royal jelly yang satu ini telah dijelaskan sedikit sebelumnya. Yup, royal jelly dikenal memiliki kemampuan untuk membantu melawan sejumlah sel kanker. Dari hasil penelitian yang ada, kandungan pada royal jelly telah terbukti memiliki kemampuan untuk menghentikan suplai darah ke sel-sel kanker, sehingga dengan begitu dapat menghentikan pertumbuhan mereka. Dari yang diketahui komponen lemak royal jelly memiliki efek estrogenik yang dapat membantu mengobati kanker payudara dan leher rahim.

Nah, dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Iran, menunjukkan bagaimana royak jelly dapat membantu mengobati efek samping perawatan penyembuhan kanker.
  • Membantu Pengobatan Diabetes
Dari yang diketahu dengan mengkonsumsi royal jelly sebagai suplemen dalam jangka panjang dapat membantu memperbaiki beberapa indikator diabetes. Salah satunya yaitu memberikan perubahan positif dalam kadar glukosa. Dalam studi lain juga menunjukkan bahwa suplemen royal jelly dapat berfungsi untuk mengendalikan diabetes. Walau demikian akan tetapi aspek ini masi membutuhkah lebih banyak penelitian terkait hal ini.
  • Baik Untuk Kesehatan Kulit
Antioksidan pada royal jelly tak hanya bermanfaat untuk melawan kanker dan meningkatkan fungsi otak. Namun, antioksidan pada royal jelly juga dapat membantu merawat kesehatan kulit loh. Yang mana hal ini bisa menjadi kabar gembira untuk kalian semua, terutama bagi para wanita.

Kandungan antioksidan royal jelly diketahui memiliki kemampuan yang dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan. Selain itu, royal jelly juga dapat membantu meremajakan kulit, mengecilkan pori-pori dan memberikan tampilan kulit yang sempurna serta membantu menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Bahkan royal jelly juga dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan juga bermanfaat untuk membuat kulit menadi lebih sehat.

Tidak hanya itu, royal jelly juga diketahui mampu melawan sejumlah gangguan kesehatan kulit seperti eksim, jamur, dan jerawat. Bahkan juga memiliki sifat anti-radang, antibiotik dan memperbaiki tekstur kulit.

Royal jelly juga bisa dimanfaatkan sebagai pelembab alami yang dapat membantu melembabkan tangan dan kaki. Di samping itu, juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan bekas luka dan bintik-bintik hitam dan membuat kulit bersinar.
  • Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
Kandungan protein dan vitamin pada royal jelly dikenal sangat baik untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut loh. Bahkan royal jelly juga diketahui dapat membantu menghilangkan ketombe dan membuat rambut menjadi bersinar. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut Anda bisa mengapikaskan royal jelly yang dicampur dengan santan atau minyal almon yang kemudian di oleskan pada rambut Anda.

Efek Samping Dari Penggunaan Royal Jelly

Dari yang diketahui sebaiknya ibu hamil dan menyusui disarankan untuk menghindari penggunaan royal jelly, kecuali atas resep dokter. Hal ini dikarenakan belum ada informasi yang cukup mengenai keamanan royal jelly terhadap ibu hamil dan menyusui.

Selain itu, jika Anda memiliki alergi atau asma terhadap produk lebah, sebaiknya hindari untuk menggunakan royal jelly. Karena dikhawatirkan dapat menyebabkan reaksi serius dan dalam beberapa kasus bahkan dapat menyebabkan kematian.

Ada baiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan royal jelly. Karena diketahui ada kasus di mana royal jelly bisa memperburuk peradangan yang terjadi di kulit.

Dan Anda juga perlu berhati-hati saat mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi, karena dari yang diketahui royal jelly juga dapat menurunkan tekanan darah yang mungkin jika Anda mengkonsumsi obat tekanan darah juga mengkonsumsi royal jelly akan menurunkan tekanan darah Anda terlalu banyak.

Jadi walaupun royal jelly ini memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, namun Anda juga haru memerhatikan penggunaannya. Jika perlu berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter sebelum mengkonsumsinya.

Ok guys, itulah dia beberapa keunggulan dari royal jelly yang dapat disampaikan. Terimakasih telah berkunjung dan menyimaknya sampaik akhir, semoga dapat bermanfaat untuk Anda sekalian. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus -  delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,-   Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa lemon...