Jumat, 15 Maret 2019

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pada Buah Lemon

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pada Buah Lemon - Buah lemon, siapa sih yang tak mengenal buah yang satu ini??? Yup, buah lemon merupakan jenis buah yang populer akan rasa asamnya yang menyegarkan. Walau memiliki rasa asam, namun buah yang satu ini cukup banyak digemari loh. Hal ini dikarenakan buah lemon menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga tidak heran walau asam buah yang satu ini banyak digemari oleh sejumlah masyarakat dunia.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pada Buah Lemon

Lemon yang memiliki nama ilmian Citrus limon dikenal sebagai salah satu jenis buah citrus dengan kadar vitamin C yang sangat melimpah. Kebanyakan orang mengolah buah lemon sebagai jus, limun, pie, pancake, dan lain sebagainya. Selain itu, di sejumlah negara lemon juga sering digunakan sebagai campuran salad atau acar.

Tumbuhan lemon sendiri diketahui banyak tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub tropis, namun dari yang diketahui tumbuhan lemon tidak tahan dengan cuaca dingin. Buah lemon memiliki pohon yang berukuran sedang dengan ketinggian yang bisa mencapai 6 m. Biasanya buah lemon ini sering digunakan sebagai penyedap dan penyegar dalam seni tata boga, untuk dibuat minuman dan lain-lain.

Kandungan Penting Nan Bermanfaat Dari Buah Lemon

Yup, sama hal nya dengan buah citrus lainnya, buah lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan kandungannya tersebut diketahui lebih tinggi dibandingkan jenis buah citrus lainya. Kandungan vitamin C pada buah lemon juga diketahui dapat memenuhi 88% kebutuhan harian per 100 gramnya.

Selain itu, lemon juga diketahui mengandung senyawa fitokimia seperti polifenol, terpenes, naringin, naringenin, hesperidin, diosmin, eriositrin dan d-limonene. Tidak hanya itu, lemon juga dikenal akan nutrisi penting lainnya seperti vitamin B6, potasium, zat besi, magnesium, kalsium, dan serat pangan.

Di lansir dari laman ilmupengetahuanumum.com berikut merupakan sejumlah kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah lemon. Di antaranya yaitu :

Kandungan Jumlah/100 gram AKG%
Kalori 29 kal
Karbohidrat 9,3g
Air 0.89
Protein 1,1g
Gula 2,5g
Serat 2,8g
Lemak 0,3g
Vitamin A 1µg 0
Vitamin C 53mg 0.59
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,15mg 0.01
Vitamin K 0µg 0
Vitamin B1 (Thiamine) 0,04mg 0.03
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,02mg 0.02
Vitamin B3 (Niacin) 0,1mg 0.01
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,19mg 0.04
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,08mg 0.06
Vitamin B9 (Folat) 11µg 0.03
Vitamin B12 0µg
Cholin 5,1mg 0.01
Kalsium 26mg 0.03
Zat Besi 0,6mg 0.08
Magnesium 8mg 0.02
Fosfor 16mg 0.02
Potassium (Kalium) 138mg 0.03
Sodium 2mg 0
Seng (Zinc) 0,06mg 0.01
Tembaga (Copper) 0,04mg 0.04
Manganese 0,03mg 0.01
Selenium 0,4µg 1%
Dengan banyaknya kandungan penting yang terkandung dalam buah lemon. Maka tidak heran juga jika buah yang satu ini memiliki banyak manfaat yang sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Sehingga tidak heran juga jika banyak orang yang menggunakan lemon sebagai bahan untuk memelihara kesehatannya.

Manfaat Baik Dari Buah Lemon Bagi Kesehatan

Adapun sejumlah manfaat yang bisa diberikan lemon untuk tubuh kita di antaranya yaitu :

  • Mengatasi masalah pencernaan dan konstipasi.
  • Mengatasi flu, demam dan infeksi tenggorokan.
  • Mengatasi masalah gigi dan gusi.
  • Membantu menurunkan berat badan.
  • Membantu melawan kolera.
  • Menurunkan risiko jantung dan stroke.
  • Mencegah pembentukan batu ginjal.
  • Mencegah anemia.
  • Mencegah kanker.
  • Mengatasi scurvy (kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh).
  • Mencegah radang sendi.
  • Memutihkan gigi.
  • Melembabkan kulit dan bibir yang kering.
  • Menghilangkan jerawat.
  • Meningkatkan sistem imunitas.
  • Mengendalikan tekanan darah tinggi.
Wah... Cukup menakjubkan juga ya si asam menyegarkan ini. Walau memiliki rasa yang asam, namun buah lemon mampu memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Oh ya guys, agar manfaat lemon bisa kita dapatkan dengan maksimal, maka penggunaannya pun harus dilakukan sebijak mungkin, tidak berlebihan dan harus dengan dosis dan takaran yang tepat sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk lebih jelasnya sobat bisa mananyakan langsung pada ahlinya.

Ok guys, sekian informasi mengenai kandungan gizi dan nutrisi dari buah lemon yang dapat disampaikan. Semoga dapat bemanfaat, terimakasih telah berkunjung dan menyimak ulasan ini sampai akhir. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus -  delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,-   Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa lemon...