Kamis, 21 Maret 2019

Menarik!!! Ternyata Begini Cara Lebah Menghasilkan Madu

Menarik!!! Ternyata Begini Cara Lebah Menghasilkan Madu - delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,- Lebah sendiri diketahui sebagai salah satu hewan purba loh guys. Yup, serangga yang satu ini diketahui telah ada sejak ribuan tahun lamanya. Hal ini terbukti dari sejarang di mana pada zaman kerajaan kuno bahkan sejarah Islam di dunia menyebutkan hewan yang satu ini. Yup, seperti yang kalian ketahui sendiri lebah merupakan serangga yang dapat menghasilkan bahan pangan yang sangat bermanfaat untuk manusia. Pangan tersebut tak lain adalah madu.
Menarik!!! Ternyata Begini Cara Lebah Menghasilkan Madu

Sekilas Mengenai Madu 'Bahan Organik Kaya Manfaat'

Nah, si madu sendiri merupakan bahan pangan yang telah banyak disebutkan di dalam sejarah peradaban kuno dunia sebagai bahan organik yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tidak hanya dijadikan sebagai pangan yang nikmat, namun ternyata madu juga telah banyak digunakan sebagai obat herbal untuk membantu mengatasi sejumlah penyakit. Nah, kemampuannya sendiri tak perlu sobat ragukan lagi, karena dalam sejarah Islam, bahkan di dalam kitab Al-qur'an pun madu disebut sebagai bahan alam yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan manusia yang mengkonsumsinya.

Bahkan hal tersebut pun telah banyak dibuktikan dalam sejumlah penelitian, di mana dalam penelitian tersebut, madu terbukti memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang kompleks dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Namun, dibalik manfaatnya tersebut, apa kalian tahu bagaimana cairan kental bernama madu ini terbentuk. Yup, madu memang dihasilkan oleh madu melalui proses pengolahan nektar yang dikumpulkannya. Namun, di samping itu, apa kalian juga tahu bagaimana lebah menghasilkan madu??? Ok, jika penasaran, berikut sekilas ulasan mengenai proses pengolahan madu oleh lebah!!!

Dari yang diketahui manusia sendiri telah mengkonsumsi madu paling sedikit sejak 8000 tahun yang lalu loh. Wow.. udah lamanya juga ya guys. :) Nah, madu yang kita konsumsi tersebut sendiri merupakan cairan yang dihasilkan oleh lebah madu (serangga genus apis). Cairan kental tersebut dibuat oleh lebah madu dari nektar bunga yang dikumpulkan oleh para lebah madu pekerja yang bertugas untuk mengumpulkan makanan bagi ratu lebah dan anak-anaknya.

Nah, cairan yang dikenal sebagai madu tersebut diketahui mengandung sejumlah gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh, beberapa di antaranya yaitu gula, enzim, vitamin, mineral, asam amino, asam organik, karotenoid, senyawa kimia aromatik dan sejumlah kandungan penting dan berkhasiat lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Proses Lebah Dalam Menghasilkan Madu

Dari sejumlah aspek penelitian diketahui bahwa pada saat mencari nektar, lebah pekerja mengunjungi bunga satu per satu, dan kemudian menelan cairan nektarnya, lalu menyimpannya di perut madunya.
  • Pengumpulan Nektar 
Ketika lebah pekerja menelannya, nektar tersebut akan berubah menjadi madu. Nah, pada saat proses kimiawi terjadi di dalam badan lebah pekerja, sejumlah zat yang terkandung dalam nektar akan dipecah menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan enzim yang ada di dalam air liur lebah.

Pada saat itu, lebah madu pekerja akan memakan sedikit cairan tersebut sebagai imbalan kerjanya. Setelah nektar terkumpul, lebah pekerja akan kembali ke saranya dan memuntahkan semua cairan nektar yang telah ditelannya ke dalam sumur madu.
  • Proses Pemasakan Nektar Yang Telah Dikumpulkan
Saat proses pemuntahan cairan nektar tersebut lebah pekerja akan menggantungnya di mulut dan mengipasinya dengan cara menggerakan rahangnya naik turun sebagai proses pemasakan cairan nektar sebelum menjadi madu. Kemudian para lebah akan memindahkan cairan nektar (madu) tersebut ke dinding sumur untuk proses pengeringan sebelum mencampurkannya kembali di dalam sumur sebagai cadangan makanan bagi bayi-bayi lebah yang baru.
  • Proses Pematangan Madu
Proses pengeringan tersebut akan terus berlanjut di saat nektar yang sudah dimasak bercampur kembali dengan nektar sebelumnya yang sudah ada di dasar sumur. Nah, pada proses ini tentunya akan menguapkan banyak air, mengentalkan madu, dan memekatkan gula. Jika kadar air dalam madu sudah menurun ke lever tertentu (kandungan air sekitar 20%). Madu telah berubah dari madu mentah menjadi madu matang.

Tahapan tersebutlah yang membuat madu terasa lebih manis dari nektar dalam volume yang sama. Di saat yang bersamaan, reaksi kimia yang terjadi di dalam perut lebah pekerja sebelumnya masih terus terjadi diikuti berbagai reaksi lain yang memberikan madu rasa, aroma, dan manfaat lainnya.
  • Pelindungan Madu Matang
Namun, sampai proses ini, madu belum siap untuk dikonsumsi atau dipanen. Karena masih ada proses pelilinan terhadap madu. Nah, setelah matang, madu lantas akan dilindungi dan disimpan dengan bantuan lilin yang dihasilkan oleh semacam lembaran di bawah perut lebah. Setelah proses ini, madu siap untuk digunakan oleh koloni lebah madu atau dipanen oleh manusia.

Dari yang diketahui tujuan lebah madu membuat madu adalah untuk dijadikan sebagai sumber pangan ketika terjadi kelangkaan pangan. Di wilayah dengan empat musim, madu umumnya digunakan saat musim dingin. Oleh karena itu periode waktu ketika lebah mulai membuat madu adalah pada awal musim semi hingga musim gugur. Nilai gizi dari madu diketahui akan tetap utuh jika disimpat di tempat sejuk dan kering.

Nah guys, itulah dia proses di mana lebah menghasilkan madu yang bermanfaat. Sungguh karya Tuhan yang menakjubkan ya guys.

Ok sobat, sekianlah yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung dan menyimak ulasannya dengan baik sampai akhir. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus

Khasiat Lemon Dalam Membersihkan Usus -  delemon-sarilemonplusroyaljellymurni.blogspot.com,-   Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa lemon...